PERANCANGAN GEDUNG PAMERAN INDUSTRI KREATIF ACEH DENGAN PENDEKATAN TEMA ARSITEKTUR PERILAKU DI MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Abstrak - Indonesia merupakan Negara yang luas dengan beraneka ragam kekayaan hasil alam maupun potensi masyarakat yang memiliki jiwa Kreatifitas tinggi yang melahirkan hasil karya Industri Kreatif dari tangan-tangan setiap individu maupun sekelompok Masyarakat yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, tak terkecuali di Aceh. Aceh sebagai Provinsi yang melimpah akan Kreatifitas, Seni maupun Budaya selain itu Aceh merupakan Provinsi yang terletak di bagian paling Barat Indonesia yang mempunyai ketersediaan sarana dan prasarana infrastruktur yang sudah memadai. Namun sayangnya masih kurang mendapatkan perhatian, ataupun kurangnya bangunan Pameran Industri Kreatif sebagai wadah untuk memamerkan hasil karya seni Kreatif.Masyrakat-masyarakat Kreatif di Aceh sangat membutuhkan wadah atau tempat untuk menyalurkan ide-ide kreatifitas mereka, kemudian memamerkannya kepada Masyrakat Luas. Pandemi Covid 19 yang juga masih melanda di seluruh belahan dunia tidak terkecuali di Provinsi Aceh yang membuat runag gerak terbatas dan membuat pendapatan ekonomi dari para pelaku bisinis kecil hampir tidak ada. Berdasarkan hal ini maka dibutuhkan pusat Pameran kreatifitas di Aceh yang mampu memfasilitasi para Masyarakat Kreatif dan sekaligus pusat workshop (pelatihan), yaitu Gedung  Pameran  Industri  Kreatif  Aceh.  Pameran  Industri  Kreatif  di  Aceh merupakan upaya yang diharapkan akan memfaslitasi proses perkembangan Industri Kreatif yang tidak hanya kegiatan pameran tetapi juga mencangkup di sektor pelestarian, pengembangan, periklanan, serta apresiasi terhadap pelaku usaha Industri Kreatif. Pendekatan tema perancangan Gedung Pameran Industri Kreatif adalah Arsitektur Perilaku. Pada pendekatan ini diharapkan mampu mewadahi seluruh kegiatan para Masyarakat Kreatif dengan menciptakan ruang-ruang sosial sebagai sarana penghubung ke Masyarakat luas mengikuti standar kesehatan dan prosedur kesehatan dari WHO dan Pemerintah Indonesia yang bisa memfasilirtasi kegiatan para pelaku industri kreatif dan sebagai sarana pendukung untuk memajukan perekonomian di Provinsi Aceh.
Kata kunci : Gedung Pameran, Industri Kreatif, Aceh, Arsitektur Perilaku.
Â
Abstract - Indonesia is a vast country with a wide variety of natural resources and the potential of people who have a high creativity spirit in creates the work in the scope of the Creative Industry from the hands of each individual or group of people scattered throughout the archipelago, including Aceh. Aceh as a province that is abundant in creativity, arts and culture, besides that Aceh is a province located in the westernmost part of Indonesia, which has the availability of adequate infrastructure facilities and infrastructure. Unfortunately, however, there is still a lack of attention, or the lack of a Creative Industry Exhibition building as a forum for exhibiting the works of Creative art. Creative communities in Aceh really need a place or place to channel their creative ideas, then exhibit them to the wider community. The Covid 19 pandemic, which is also still engulfing all parts of the world, is no exception in Aceh Province, which makes space for movement limited and makes economic income from small business actors almost non-existent. Based on this, a creative exhibition center is needed in Aceh that is able to facilitate the Creative Society and at the same time a workshop (training) center, namely the Aceh Creative Industry Exhibition Building. The Creative Industry Exhibition in Aceh is an effort that is expected to facilitate the development process of the Creative Industry, which is not only an exhibition activity but also covers the preservation, development, advertising, and appreciation sectors of Creative Industry business actors. The approach to the design theme of the Creative Industry Exhibition Building is Behavioral Architecture. This approach is expected to be able to accommodate all activities of Creative Communities by creating social spaces as a means of connecting to the wider community following health standards and health procedures from WHO and the Government of Indonesia which can facilitate the activities of creative industry players and as a means of support for advancing the economy in Indonesia. Aceh Province.
Keywords: Exhibition Building, Creative Industry, Aceh, Behavioural Architecture.
Full Text:
PDFReferences
A.G.Pronggodigdo,Prof. Ensiklopedia Umum,1968.
Dadang Udansyah,Drs. Seni Tata Pameran di Museum : Museum Nasional Jakarta,
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Seni Rupa Indonesia dan Pembinaannya,
Jakarta, 1982.
De Chiara dan Callender, Time Saver Standard for Building Types, McGraw Hill
Book Company
Doelle Leslie, Akustik Lingkungan, Erlangga, Jakarta
Hanif Muhammad Syarif. 2008. Yogyakarta Contemporary Art Gallery.
Britto Y De. 2012. Galeri Seni Rupa Kontemporer.
Khamairah, Nadhiah dan Wahyuningrum, Sri Hartuti. Kajian Karakteristik Pencahayaan Buatan Pada Bioskop (Studi Kasus : Cinemacitra Xxi,Mall Ciputra,Kota Semarang). Vol 7, No 1. 2017.
Neufert, Ersnt. (1996). Data Arsitek Edisi 33 Jilid I. Diterjemahkan oleh Sunarto Tjahjadi. Jakarta: Erlangga.
DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol8.Iss1.2168
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal indexed by