Animasi Interaktif Pembelajaran Mata Kuliah Metodologi Penelitian Fakultas Ilmu Komputer Universitas Ubudiyah Indonesia
Abstract
Pemanfaatan teknologi secara otomatis memberikan kemudahan dalam penyampaian sebuah
informasi. Dalam penelitian ini pemanfaatan teknologi dapat dilakukan dengan menggunakan
animasi interaktif untuk menyampaikan materi pembelajaran metodologi penelitian. Namun
sayangnya, pemanfaatan teknologi dibidang animasi masih belum dipergunakan pada
pembelajaran. Dari permasalahan diatas ini maka penulis melakukan penelitian tentang animasi
interaktif pembelajaran metodologi penelitian yang bertujuan untuk memudahkan mahasiswa
dalam proses belajar diluar studi kelas maupun di dalam kelas yang bersifat menarik dan mudah
dimengerti bagi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif. Pembuatan animasi interaktif ini juga menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional
CS6. Dari hasil respon kuesioner yang diisi oleh mahasiswa 91% mahasiswa setuju dengan
pembelajaran animasi interaktif ini, dengan adanya animasi ini juga mahasiswa lebih tertarik
terhadap pembelajaran mata kuliah metodologi penelitian yang dimana nantinya mahasiswa
dengan mudah belajar dan memahami dari materi yang disampaikan dalam animasi interaktif
pembelajaran metodologi penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhar Arsyad, (2010). Media
Pembelajaran. Jakarta : PT Raja
Grafindo Persada
Asti Herliana, Freddy Agus Renaldi,(
. Animasi Interaktif
Pembelajaran Tari Merak. Jurnal
Informatika . Vol. II, No.2,
September 2015.
Adi Nugroho, (2010). Rekayasa Perangkat
Lunak Berbasis Objek
dengan Metode USDP. Andi.
Yogyakarta.
Darmadi, Hamid. (2013). Metode Penelitian
Pendidikan dan Sosial. Bandung :
Alfabeta.
Gumelar, M.S. 2011. 2D Animation, book A.
PT. Indeks: Jakarta Barat.
Heri Hidayat, ( 2011). Menjadi Master
Photoshop Untuk Pemula Dari Nol
Hingga Mahir. Penerbit Dunia
Komputer.
Hartaji, Damar A. (2012). Motivasi
Berprestasi Pada Mahasiswa yang
Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan
Orangtua. Fakultas Psikologi
Universitas Gunadarma.
Prasetya, Sukma Perdana, ( 2015). Media
Pembelajaran. Yogyakarta : Ombak.
Sugiyono, (2016). Metode
Penelitian Kuantitatif Kualitataif
dan Kombinasi (Mixed Methods).
Bandung: Alfabeta.
Sriyanto, (2016) Media Pembelajaran dan
pengajarannya.No 1,
Juni 2016: Universitas Negri
Yogyakarta
Sudjana dan Rivai, (2010). Media
Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Algensindo
Sugihartono, R.A., Basnender
Herryprilosadoso, & Asmoro Nurhadi.
Animasi Kartun dari
Analog Sampai Digital, Jakarta :
Penerbit PT.Indeks
Sukamto, R,A., dan Shalahuddin, M.,
(2014). Modul Pembelajaran
Rekayasa Perangkat
Lunak,
Bandung.
Thaibur, T. (2017, Juni 5). Penjelasan
Apllikasi Wondershare Filmora.
Dipetik dari blog karyakuuu:
http://tsarathaibur.blogspot.co.id/201
/06/penjelasan-fitur-di-aplikasi.html
Wahyu Purnomo, (2013). Animasi 2D untuk
SMK/MAK XI. Malang : Kementrian
Pendidikan dan
Kebudayaan
DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol6.Iss2.2622
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal indexed by