Animasi Interaktif Pembelajaran Mata Kuliah Metodologi Penelitian Fakultas Ilmu Komputer Universitas Ubudiyah Indonesia

Niza Aulia, Joko Tisuwihardi

Abstract


Pemanfaatan teknologi secara otomatis memberikan kemudahan dalam penyampaian sebuah
informasi. Dalam penelitian ini pemanfaatan teknologi dapat dilakukan dengan menggunakan
animasi interaktif untuk menyampaikan materi pembelajaran metodologi penelitian. Namun
sayangnya, pemanfaatan teknologi dibidang animasi masih belum dipergunakan pada
pembelajaran. Dari permasalahan diatas ini maka penulis melakukan penelitian tentang animasi
interaktif pembelajaran metodologi penelitian yang bertujuan untuk memudahkan mahasiswa
dalam proses belajar diluar studi kelas maupun di dalam kelas yang bersifat menarik dan mudah
dimengerti bagi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif. Pembuatan animasi interaktif ini juga menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional
CS6. Dari hasil respon kuesioner yang diisi oleh mahasiswa 91% mahasiswa setuju dengan
pembelajaran animasi interaktif ini, dengan adanya animasi ini juga mahasiswa lebih tertarik
terhadap pembelajaran mata kuliah metodologi penelitian yang dimana nantinya mahasiswa
dengan mudah belajar dan memahami dari materi yang disampaikan dalam animasi interaktif
pembelajaran metodologi penelitian ini.


Keywords


Media Pembelajaran, Metodologi Penelitian, Animasi Interaktif

Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad, (2010). Media

Pembelajaran. Jakarta : PT Raja

Grafindo Persada

Asti Herliana, Freddy Agus Renaldi,(

. Animasi Interaktif

Pembelajaran Tari Merak. Jurnal

Informatika . Vol. II, No.2,

September 2015.

Adi Nugroho, (2010). Rekayasa Perangkat

Lunak Berbasis Objek

dengan Metode USDP. Andi.

Yogyakarta.

Darmadi, Hamid. (2013). Metode Penelitian

Pendidikan dan Sosial. Bandung :

Alfabeta.

Gumelar, M.S. 2011. 2D Animation, book A.

PT. Indeks: Jakarta Barat.

Heri Hidayat, ( 2011). Menjadi Master

Photoshop Untuk Pemula Dari Nol

Hingga Mahir. Penerbit Dunia

Komputer.

Hartaji, Damar A. (2012). Motivasi

Berprestasi Pada Mahasiswa yang

Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan

Orangtua. Fakultas Psikologi

Universitas Gunadarma.

Prasetya, Sukma Perdana, ( 2015). Media

Pembelajaran. Yogyakarta : Ombak.

Sugiyono, (2016). Metode

Penelitian Kuantitatif Kualitataif

dan Kombinasi (Mixed Methods).

Bandung: Alfabeta.

Sriyanto, (2016) Media Pembelajaran dan

pengajarannya.No 1,

Juni 2016: Universitas Negri

Yogyakarta

Sudjana dan Rivai, (2010). Media

Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Algensindo

Sugihartono, R.A., Basnender

Herryprilosadoso, & Asmoro Nurhadi.

Animasi Kartun dari

Analog Sampai Digital, Jakarta :

Penerbit PT.Indeks

Sukamto, R,A., dan Shalahuddin, M.,

(2014). Modul Pembelajaran

Rekayasa Perangkat

Lunak,

Bandung.

Thaibur, T. (2017, Juni 5). Penjelasan

Apllikasi Wondershare Filmora.

Dipetik dari blog karyakuuu:

http://tsarathaibur.blogspot.co.id/201

/06/penjelasan-fitur-di-aplikasi.html

Wahyu Purnomo, (2013). Animasi 2D untuk

SMK/MAK XI. Malang : Kementrian

Pendidikan dan

Kebudayaan




DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol6.Iss2.2622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda