PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN CHATBOT BERBASIS WHATSAPP PADA KPPBC TMP C LHOKSEUMAWE

Muhammad Ikhwani, Zalfie Ardian

Abstract


Abstrak- Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Lhokseumawe bertugas memberikan layanan kepabeanan serta informasi kepada masyarakat dan pihak-pihak terkait. Dalam memberikan pelayanannya, KPPBC TMP C Lhokseumawe seringkali mengalami kendala dengan tingkat permintaan terhadap layanan dan informasi yang tinggi. Penelitian ini merancang Sistem Informasi Layanan Chatbot Berbasis WhatsApp pada KPPBC TMP C Lhokseumawe. Aplikasi sistem ini dibuat menggunakan JavaScript sebagai bahasa pemrograman dan event-driven, non-blocking I/O (asynchronous) model yang membuatnya ringan dan efisien. Selain itu, sistem yang dikembangkan ini menggunakan Artificial Intelligence berupa text processing yang diproses menggunakan Natural Language Processor (NLP) pada OpenAI. Cara kerja sistem yaitu berbagai layanan diinput oleh admin, yang mana berikut nya user dapat memilih layanan yang tersedia untuk mendapatkan informasi terkait layanan tersebut. Semua data pertanyaan yang diajukan oleh user diproses oleh NLP melalui OpenAI, kemudian respons akan ditampilkan pada laman chat whatsapp. Hasil penelitian tersebut menunjukkan sistem mampu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh user serta memberikan informasi terkait layanan yang tersedia pada KPPBC TMP C Lhokseumawe, yang mana hal ini membantu kantor pabean ini dalam memberikan layanan dan menyediakan informasi yang lebih optimal kepada masyarakat.

Kata Kunci: Layanan Kepabeanan, Sistem Informasi, Chatbot, Artificial Intelligence, Natural Languange Processing

Abstract- Office of Supervision and Service of Customs and Excise Type Medium Customs C (KPPBC TMP C) Lhokseumawe works for providing customs services and customs-related information to the wider community and related parties. In providing the services, KPPBC TMP C Lhokseumawe experienced problems with high levels of demand for services and information. This research designs a WhatsApp-based chatbot Service Information System at KPPBC TMP C Lhokseumawe. This system application was created using JavaScript and an event-driven, non-blocking I/O (asynchronous) model making it efficient. Apart from that, the system being developed uses Artificial Intelligence in the form of text processing which is processed using the Natural Language Processor (NLP) on OpenAI. The way the system works is the admin giving the input after which the user select the services to get related information. All question data submitted by users then processed by NLP via OpenAI, then the response will be displayed on the WhatsApp chat page. The results of this research show that the system is able to answer questions asked by users and provide information related to services available at KPPBC TMP C Lhokseumawe, which helps this customs office in providing services and providing more optimal information to the public.

Keywords: Customs Services, Information Systems, Chatbot, Artificial Intelligence, Natural Language Processing


Full Text:

PDF

References


Budiharto, W., & Suhartono, D. (2014).

Artificial Intelligence Konsep Dan Penerapannya, Andi Yogya.

Budi, A. (2020). Penerapan Natural

Language Processing Dalam Aplikasi Chatbot Sebagai Media Pencarian Informasi Dengan Menggunakan React (Studi Kasus: Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie). Jurnal Informatika dan Bisnis, 9(2).

Chaurasia, S., Jain, S., Vishwkarma, H.O., &

Singh, N. (2023). Conversational AI Unleashed: A Comprehensive Review of NLP-Powered Chatbot Platforms.

Dahria, M. (2008). Kecerdasan Buatan

(Artificial Intelligence). Jurnal Saintikom, 5(2), 185-197.

Menteri Keuangan. (2016). Organisasi dan

Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Nomor 188/PMK.01/2016.Jakarta. https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2016/188~PMK.01~2016Per.pdf

Miharja, M. N. D., Fahamsyah, M. H., &

Nugroho, A. T. (2023, May). Chatbot development on an interactive services on Sharia contracts using natural language processing (NLP). In AIP Conference Proceedings (Vol. 2706, No. 1). AIP Publishing.

Pemerintah Indonesia. (2009). Undang-

Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Lembaran RI Tahun 2009 No. 25. Jakarta: Sekretariat Negara.

Pemerintah Indonesia. (2008). Undang-

Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Lembaran RI Tahun 2008 No. 14. Jakarta: Sekretariat Negara.

Pemerintah Indonesia. 2006. Undang-

Undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 Kepabeanan. Lembaran RI Tahun 2006 No. 17. Jakarta: Sekretariat Negara.

R. Parina, A. Wijaya, And Y. Apridiansyah,

“Aplikasi Chatbot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Sd N 17 Kota Bengkulu Berbasis Android,” J. Media Infotama, 18(1), 121.

Sitanggang, A. S., Syafariani, R. F., Sari, F.

W., Wartika, W., & Hasti, N. (2023). Relation of Chatbot Usage Towards Customer Satisfaction Level in Indonesia. International Journal of Advances in Data and Information Systems, 4(1), 86-96.

Solekhah, M. (2023). Pemanfaatan Teknologi

Artificial Intelligence Cubatbot (Culture Balinese Chatbot) Sebagai Informasi Kebudayaan Bali. Kreativitas Pada Pengabdian Masyarakat (Krepa), 1(2), 90-101.

Whitten, J. L., Bentley, L. D., & Ho, T. I.

(1986). Systems analysis & design methods. Times Mirror/Mosby College Publishing.

Widiastuti, P. A., Utami, N. W., & Estiyanti, N. M. (2021). Perancangan Sistem Point of Sales (POS) Terintegrasi pada UD. Akor Nature Bag. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 10(2), 171-184.




DOI: https://doi.org/10.33143/jics.v9i2.3260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda