KEUNGGULAN PENERAPAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II JENJANG SEKOLAH DASAR NEGERI KAJHU
Abstract
Abstrak- Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib, baik dilaksanakan di sd, smp, dan sma, serta di perguruan tinggi, selalu ada pada jenjang pendidikan. Bahasa adalah sekumpulan kata yang bermakna, atau makna yang berasal dari kata. Dengan menggunakan media akan mempermudah peserta didik untukl memahami pembelajaran. Cara atau langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik sebagai berikut: yaitu metode Teknik pengumpulan data pada instrument dengan kondisi ilmiah yang berlandaskan pada filsafat.
Kata Kunci: canva, pengembangan media, bahasa.
Abstract- Indonesian is a compulsory subject, whether it is implemented in elementary, junior high, and high school, as well as in tertiary institution, always at the education level. Language is a collection of meaningful words, or meanings derived from words. The use of learning media will make it easier for students to understand and learn. The method or steps used in this research is a descriptive qualitative methods, with the following techiniques: namely the technical method of collecting data on instruments eith scientific conditions that are based on philosophy.
Keywords: canva, learning media, bahasa.
Full Text:
PDFReferences
Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020 PEMANFAATAN, 8(2), 79–96.
Harahap, A. (2018). Education Thought of Ibnu Miskawaih. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/skijier.2017.2017.11-01.
Harahap, A., & Harahap, M. F. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Di Sekolah Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 97–107.
Rofadhilah, “Aplikasi Canva Sebagai Pembelajaran Desain Grafis Di SMK,” hal. hal 2-5, 2019.
Asminar Siregar, Masganti Sitorus, R. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2),286–289. https://yana.web.id/index.php/relevan
Rahmatullah,Inanna, and Andi Tenri Ampa. 2022. “Media Pembelajaran AudioVisual Berbasis Aplikasi Canva.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 12(2), 317–27
Adawiyah, A., Hasanah, A., & Munsi, M. F. 2019. Literasi Visual Melalui Teknologi Canva: Stimulasi Kemampuan Kreativitas Berbahasa Indonesia Mahasiswa. Proceeding 3rd Connects 2019 Education Transformation in Facing Indsutrial Revolution 4.0, 6(1), 183–187.
DOI: https://doi.org/10.33143/jics.v9i2.3262
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal indexed by