MEDIA PENGENALAN MESIN PERTANIAN DI SMK-PP SAREE BERBASIS AUGMENTED REALITY

Akhmad Farid, Desita Ria Yusian TB, Siti Amra, Mahendar Dwi Payana

Abstract


Abstrak- Pembelajaran di SMK-PP Negeri Saree, sebuah sekolah kejurusan yang berfokus pada bidang pertanian, saat ini masih mengandalkan media tradisional seperti buku teks dan gambar, serta komputer, yang telah mengakibatkan sejumlah siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, terutama dalam pelajaran Mekanisasi Pertanian. Selain itu, cuaca yang sulit diprediksi di daerah Saree sering menghambat proses pembelajaran praktikum di luar kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi pengenalan mesin pertanian yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) untuk membantu siswa dalam memahami dan mengenal mesin-mesin pertanian sebelum menggunakannya secara langsung, dengan menampilkan pemodelan 3D dari mesin tersebut. Aplikasi AR ini dirancang dengan menggunakan beberapa software multimedia yang kemudian digabungkan menggunakan software Unity. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi AR yang mampu mendeteksi gambar dan menampilkan pemodelan 3D dari mesin pertanian beserta penjelasannya. Aplikasi ini bersifat multimedia dan interaktif, sehingga membantu memfasilitasi pembelajaran bagi siswa dengan beragam gaya belajar. Selain itu, aplikasi ini juga meningkatkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil dari media pengenalan mesin pertanian berbasis Augmented Reality menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan pembelajaran siswa di bidang pertanian dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, visual, dan praktis.

Kata Kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Mesin Pertanian

Abstract- The learning process at SMK-PP Negeri Saree, a vocational school specializing in agriculture, currently relies on traditional media such as textbooks, images, and computers. This has resulted in several students experiencing difficulties in comprehending the learning materials, especially in the field of Agricultural Mechanization. Additionally, the unpredictable weather in the Saree region often hinders practical learning processes outside the classroom. Therefore, this research aims to design an agricultural machinery introduction application that utilizes Augmented Reality (AR) technology to assist students in understanding and familiarizing themselves with agricultural machinery before using them directly. This is achieved by displaying 3D modeling of the machines. The AR application is designed using various multimedia software, which are then integrated using Unity software. The result of this research is an AR application capable of detecting images and displaying 3D models of agricultural machinery along with explanations. This application is multimedia and interactive, facilitating learning for students with diverse learning styles. Furthermore, it enhances students' interest in the learning process. The results of the Augmented Reality-based agricultural machinery introduction media indicate significant potential for improving students' learning experiences in agriculture by providing a more interactive, visual, and practical learning experience.

Keywords: Agriculture Machines, Augmented Reality, Learning Media


Full Text:

PDF

References


Anwarudin, O. (2020). Proses Dan Pendekatan Regenerasi Petani MelaIui Multiregistrasi Di Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 39(2), 73-85. doi:http://dx.doi.org/10.21082/jp3.v39n2.2020.p73-85

Hadiutomo, K. (2012). Mekanisasi Pertanian. Bogor: IPB Press.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Meilani, S., Ramadhani, R., . . . Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Medan, Sumatra Utara, Indonesia: Yayasan Kita Menulis.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 3(1), 45-56. doi:https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Khotimah, S. S. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2149-2158. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.857

Koca, B. A. (2019). Augmented Reality Application for Preschool Children with Unity 3D Platform. 2019 3rd International Symposium on Multidisciplinary Studies and Innovative Technologies (ISMSIT), 1-4. doi:10.1109/ISMSIT.2019.8932729

Layuk, N. S., & Rismayani. (2019). Implementasi Teknologi Augmanted Reality untuk Pengenalan Pakaian Adat Toraja Berbasis Mobile. Jurnal Pekommas, 4(2), 155-164. Retrieved from https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/pekommas

Purba, D. W., Thohiron, M., Surjaningsih, D. R., Sagala, D., Ramdhini, R. N., Gandasari, D., . . . Manullang, S. O. (2020). Pengantar Ilmu Pertanian. (A. Rikki, & J. Simaramta, Eds.) Medan, Sumatra Utara, Indonesia: Yayasan Kita Menulis.

Radu, I., & Schneider, B. (2019). What Can We Learn from Augmented Reality (AR)? Benefits and Drawbacks of AR for Inquiry-based Learning of Physics. CHI 2019, 4(9), 1-12. doi:https://doi.org/10.1145/3290605.3300774

Rahmat, R., & Noviyanti, N. (2020). Augmented Reality Untuk Materi Bangun Ruang Menggunakan Unity 3D, Vuforia SDK Dan Aplikasi Blender. Jurnal Tika, 5(3), 86-92. doi:https://doi.org/10.51179/tika.v5i3.59

Soepriyanto, Y. (2020). Digitalisasi Media Objek 3 Dimensi Kabel Fiber Optic Berbantuan Piramida Hologram Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Penelitian, 3(4), 366-376. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i42020p366

Xiong, J. (2021). Augmented reality and virtual reality displays emerging technologies and future perspectives:. Light: Science & Applications, 10(216), 30. doi:https://doi.org/10.1038/s41377-021-00658-8

Zebua, T., & Nadeak, B. (2020). Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Aplikasi 3D. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 1(1), 18-21. doi:10.30865/pengabdian.v1i1.2288




DOI: https://doi.org/10.33143/jics.v9i2.3264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda