IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI HELPDESK UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PENANGANAN MASALAH TEKNOLOGI INFORMASI PADA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN

Eriyanti Eriyanti, Putri Serianti, Rizka Albar

Abstract


Sistem informasi helpdesk berperan penting dalam mendukung efisiensi penanganan masalah Teknologi Informasi (TI) pada Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin. Sistem informasi ini melibatkan komponen utama TI yaitu software(termasuk didalamnya database serta SIM-RS), hardware, jaringan dan printer. Penelitian ini dilatarbelakangi seringnya terjadi keterlambatan penanganan masalah Teknologi Informasi (TI), ketidakseimbangan pembagian tugas kepada teknisi dan tidak adanya laporan akhir yang terdokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan sistem informasi helpdesk agar masalah diatas dapat ditangani secara efektif dan efesien. Sistem informasi ini berbasis web dan dapat diakses melalui jaringan intranet di lingkungan RSUD dr. Zainoel Abidin. Metode yang digunakan dalam membangun sistem informasi helpdesk dengan menggunakan pendekatan Waterfall model dan pengujian sistem dilakukan dengan menerapkan metode black-box testing. Sistem ini memungkinkan pengelolaan kendala TI secara cepat, akurat, dan terdokumentasi, dengan pengguna yang terdiri dari Admin dan user(Teknisi). Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem informasi helpdesk ini dapat meningkatkan efesiensi waktu respon, transparansi kinerja teknisi, dapat memprioritaskan masalah, menyediakan solusi cepat untuk masalah berulang,  melakukan pelacakan terhadap proses pengerjaan masalah hingga selesai dan juga memudahkan admin dalam mendokumentasikan laporan sehingga dapat mendukung pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Keywords


Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Helpdesk,

Full Text:

PDF

References


P. Sumber, D. Manusia, D. A. N. Sistem, and I. Rumah, “TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN KINERJA RUMAH SAKIT ( KAJIAN LITERATUR ),” vol. 7, pp. 13479–13489, 2024.

S. Rusli, “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dalam Pengolahan Data Rumah Sakit,” JKM (Jurnal Kesehat. Masyarakat) Cendekia Utama, vol. 10, no. 2, p. 158, 2022, doi: 10.31596/jkm.v10i2.1036.

H. Zakaria and D. M. Ardiansyah, “Implementasi Sistem Helpdesk Ticketing dalam Penyampaian Permasalahan Terkait Hardware dan Software Menggunakan Model Rapid Application Development Berbasis Web,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 7, no. 4, pp. 829–836, 2022, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika

RSUDZA, “RSUDZA Pusat Rujukan di Aceh,” rsudza.acehprov.go.id. [Online]. Available: https://rsudza.acehprov.go.id/tabloid/2016/07/04/rsudza-pusat-rujukan-di-aceh/

University of Minnesota Libraries Publishing, What is Information Systems? 2020.

Sipas, “Apa itu Helpdesk dan Apa Bedanya dengan Customer Service?,” www.sipas.id. [Online]. Available: https://www.sipas.id/blog/helpdesk-adalah/

S. Luckyardi, H. Saputra, N. Safitri, A. Cahyaningrum, D. Septiani, and R. Hidayat, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Busana Muslim Berbasis Web,” IJIS - Indones. J. Inf. Syst., vol. 6, no. 2, pp. 156–168, 2021, doi: 10.36549/ijis.v6i2.165.

Ronal, Yunita, and Yuliana, “Desain Unified Modeling Language (UML) Dalam Perancangan Aplikasi Hauling Trip Di Industri Tambang Batubara,” J. Tek. Inform. dan Sist. Informas, vol. 9, no. 4, pp. 3038–3050, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id

Eko Cahyono and Damar, “Perancangan Sistem Informasi Antrian Pasien Di Upt Puskesmas Kaligesing,” J. Ekon. Dan Tek. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 1–6, 2021.

M. R. Maulani and Santoso, “Rancang Bangun Aplikasi Computer Based Test Berbasis Web Pada Smpn 1 Katapang Kabupaten Bandung Selatan,” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 2, pp. 17–22, 2021.

Visual Paradigm, “Use Case Diagrams,” 2020, [Online]. Available: https://www.visual-paradigm.com/guide/uml-unified-modeling-language/what-is-use-case-diagram/

R. N. Anissa and R. T. Prasetio, “Rancang Bangun Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter,” J. Responsif Ris. Sains dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 122–128, 2021, doi: 10.51977/jti.v3i1.497.

R. Dewanata, Entity Relationship Diagram (ERD): Penjelasan dan Cara Membuatnya. 2022.

K. Artaye, Aswin, D. T. Widakdo, and D. Wahyudi, “Sistem Informasi Manajemenpengelolaan Laporan Kerjasama Berbasis Web,” J. Innov. Res. Knowl., vol. 2, no. 3, pp. 805–809, 2022, [Online]. Available: https://www.bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/3142/2257

I. K. A. Asmarajaya, K. O. Sanjaya, D. M. D. U. Putra, G. S. Mahendra, and F. N. U. Hasanah, “Sistem Informasi Keuangan pada Perusahaan Kost Elit dengan Metode Waterfall,” Swabumi, vol. 9, no. 2, pp. 100–108, 2021, doi: 10.31294/swabumi.v9i2.10970.

M. P. A. Ginting and A. S. Lubis, “Pengujian Aplikasi Berbasis Web Data Ska Menggunakan Metode Black Box Testing,” Cosm. J. Tek., vol. 2, no. 1, pp. 41–48, 2024, [Online]. Available: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

T. Haryati, D. H. Kusuma, and H. Ferliyanti, “Penerapan Metode Waterfall Sebagai Pengembangan Perangkat Lunak Sistem Informasi Penjualan PT. Arta Putra Nugraha Karawang,” Simpatik J. Sist. Inf. dan Inform., vol. 1, no. 2, pp. 137–145, 2021, doi: 10.31294/simpatik.v1i2.955.

N. P. Florensia et al., “ANALISIS PENGUJIAN SISTEM PAKAR PENYAKIT SELADA MENGGUNAKAN METODE BLACK BOX &,” vol. 13, no. 2, 2025.

Widi Linggih Jaelani, Y. Yanto, and F. Khoirunnisa, “Penetration Testing Website Dengan Metode Black Box Testing Untuk Meningkatkan Keamanan Website Pada Instansi (Redacted),” Naratif J. Nas. Riset, Apl. dan Tek. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 1–8, 2023, doi: 10.53580/naratif.v5i1.180.

C. E. Zen, S. Namira, and T. Rahayu, “Rancang Ulang Desain UI (User Interface) Company Profile Berbasis Website Menggunakan Metode UCD (User Centered Design),” Semin. Nas. Mhs. Ilmu Komput. dan Apl., no. April, pp. 17–26, 2022.




DOI: https://doi.org/10.33143/jics.v11i1.4899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda