PELATIHAN MODEL FUN LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI PAUD DAN SD RUMAH QURAN LAMPRIET KOTA BANDA ACEH

Mutiawati ., Herawati .

Abstract


Abstrak

 

 

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini sangat pesat, sehingga mempengaruhi semua aspek kehidupan tidak terkecuali dalam proses pembelajaran, termasuk proses pembelajaran matematika. Media sebagai alat bantu proses pembelajaran untuk memahami konsep dasar matematika telah banyak mengalami perkembangan, terutama pada tingkat pendidikan Usia Dini dan Pendidikan Sekolah Dasar. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2020 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan pada Paragraf 1 Pasal 61 ayat 2 Point b disebutkan bahwa fungsi dan tujuan PAUD adalah mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, kinestetism dan sosial peserta didik pada masa emas pertumbuhannya dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan. Berhitung sebagai cabang dari matematika merupakan salah satu jalan untuk mengembangkan aspek intelektual anak, sehingga program pembelajaran yang telah diterima di PAUD/TK dapat mempersiapkan peserta didik memasuki SD/MI atau jenjang pendidikan sederajat lainnya (PP RI No. 17 Tahun 2010 Paragraf 4 Pasal 66 Ayat 1). Pendidikan bagi anak usia dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada peserta didik. Kultur masyarakat dimana anak tinggal, memberi dampak besar terhadap sikap anak. Latar belakang kultural ini menyebabkan anak memiliki sikap berbeda-beda tentang agama, politik, masyarakat, dan cara bertingkah laku. Fasilitas pendidikan yang ada di masyarakat sangat berpengaruh terhadap cara pandang guru, motivasi, minat dan sikap terhadap berbagai aspek model pembelajaran yang akan diterapkan dalam mengajar peserta didik di sekolah. Program training guru “model pembelajaran matematika yang menyenangkan†ini dapat membantu guru dalam pengoptimalkan sarana dan prasarana yang telah tersedia dalam mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik, baik di tingkat PAUD maupun SD. Selain itu, kegiatan pelatihan ini juga menambah pengetahuan guru tentang pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada di lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran yang sekiranya dapat menarik dan meningkatkan minat belajar peserta didik, serta menambah wawasan guru terkait perkembangan media pembelajaran berbasis IT dan konvensional yang dapat digabungkan menjadi sebuah media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran PAUD dan SD yang sesuai dengan dunia mereka.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Model Fun Learning, Media dan Alat Bantu Pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda