PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM MEMANFAATKAN BARANG BEKAS PADA MATA PELAJARAN SBDP
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal terungkap bahwa pembelajaran SBDP di Kelas V Sekolah Dasar sangat sederhana hanya berfokus pada materi dan buku. Dampak yang terjadi membuat siswa bosan dan kurang bersemangat dalam belajar, sehingga menjadi kurang tertarik dalam pembelajaran. Rumusan penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kreativitas siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam memanfaatkan barang bekas dalam Mata Pelajaran SBDP di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD dengan subjek penelitian Kelas V yang bejumlah 20. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dan angket. Hasil penelitian adalah memanfaatkan barang bekas memberikan peningkatan kreativitas siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran dapat menghasilkan ide atau gagasan karya yang baru. Para siswa menghasilkan keunikan-keunikan dan kreativitas dalam membuat karya yang bermanfaat dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Kreativitas Siswa, Barang Bekas, SBDP
Based on the results of initial observations, it was revealed that SBDP learning in Class V Elementary School was very simple, only focusing on materials and books. The impact that occurs makes students bored and less enthusiastic in learning, so they become less interested in learning. The formulation of this research is (1) How to increase the creativity of Class V Elementary School students in utilizing used goods in SBDP Subjects in Elementary Schools.This research was conducted at an elementary school with 20 Class V research subjects. The research method used was descriptive qualitative. Data collection techniques with interviews,observation and documentation and questionnaires. The result of the research is that using used goods increases the creativity of Class V Elementary School students in using used goods as learning media to produce new ideas or work ideas. Students produce uniqueness and creativity in making works that are useful in learning.
Keywords: Student Creativity, Used Goods, SBDP
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This journal indexed by