IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING KOLABORATIF DI UNIVERSITAS UBUDIYAH INDONESIA BEKERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS STEKOM YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN MUTU DAN KUALITAS PENGAJARAN

Mahendar Dwi Payana, M Bayu Wibawa, Zuhar Musliyana, Desita Ria Yusian TB

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran daring kolaboratif di Universitas Ubudiyah Indonesia bekerjasama dengan Universitas Stekom Yogyakarta untuk meningkatkan mutu dan kualitas pengajaran. Implementasi pembelajaran daring kolaboratif dilakukan dengan menggunakan teknologi dan platform daring yang memfasilitasi interaksi antar mahasiswa dan antara mahasiswa dan dosen. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran daring kolaboratif cukup tinggi dan memiliki efektivitas yang baik dibandingkan dengan pembelajaran tradisional. Flexibilitas, partisipasi aktif, aksesibilitas sumber belajar, dan efisiensi waktu adalah beberapa keuntungan yang ditemukan dari implementasi pembelajaran daring kolaboratif. Namun, masih ada beberapa kendala yang harus diatasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran daring kolaboratif, seperti keterbatasan dalam hal interaksi langsung dan keterbatasan dalam hal teknologi. Oleh karena itu, evaluasi dan perbaikan terus menerus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring kolaboratif. Secara keseluruhan, implementasi pembelajaran daring kolaboratif di Universitas Ubudiyah Indonesia dan Universitas Stekom Yogyakarta telah membawa perubahan positif dalam hal mutu dan kualitas pengajaran.

Kata Kunci : PDK, pembelajaran kolaboratif, mutu dan kualitas pendidikan, metode pembelajaran

Abstract - This research aims to implement collaborative online learning at the University of Ubudiyah Indonesia in collaboration with Yogyakarta Stekom University to improve the quality and quality of teaching. Implementation of collaborative online learning is carried out using technology and online platforms that facilitate interaction between students and between students and lecturers. The results of the analysis show that the level of student participation in collaborative online learning is quite high and has good effectiveness compared to traditional learning. Flexibility, active participation, accessibility of learning resources, and time efficiency are some of the advantages found from implementing collaborative online learning. However, there are still some obstacles that must be overcome to increase the effectiveness of collaborative online learning, such as limitations in terms of direct interaction and limitations in terms of technology. Therefore, continuous evaluation and improvement is carried out to improve the quality of collaborative online learning. Overall, the implementation of collaborative online learning at the University of Ubudiyah Indonesia and Yogyakarta Stekom University has brought positive changes in terms of quality and quality of teaching.

Keywords: PDK, collaborative learning, quality and quality of education, learning methods.


Full Text:

PDF

References


https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about/landasan-hukum

Setiati, S., & Azwar, M. K. (2020). COVID-19 and Indonesia. Acta Medica Indonesiana, 52(1).

Abdul Khafid Maulana, Yusuf, M. ., & Mahnita Dihan Tubaila. (2021). EFEKTIVITAS SISTEM PEMBELAJARAN DARING (SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS) DAN TANTANGANNYA DI MASA PANDEMI COVID-19: Studi kasus di SMA Negeri 1 Paciran. Prosiding SNasPPM, 6(1), 246–252. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/616

Asriadi, A. (2021). Manajemen Pembelajaran Daring Berbasis Kolaborasi dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2). https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20316

Suriono, Z. (2022). Analisis SWOT dalam Identifikasi Mutu Pendidikan. ALACRITY : Journal of Education. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i3.50

Mahadi, M., & Konadi, W. (2022). PENGARUH ANGGARAN PENDIDIKAN, KUALITAS PENDIDIK DAN AKREDITASI SEKOLAH TERHADAP KUALITAS LULUSAN (STUDI KASUS SMA DI PROVINSI ACEH TAHUN 2017-2019). IndOmera, 1(2). https://doi.org/10.55178/idm.v1i2.200


Refbacks

  • There are currently no refbacks.