PERANCANGAN RUANG TERBUKA RAMAH ANAK BERBASIS ARSITEKTUR PERILAKU ( GAMPONG CADEK KAB. ACEH BESAR)

Rinal Hardian, Murnia Suri, Fitriliana Fitriliana

Abstract


Perancangan ruang terbuka ramah anak berbasis arsitektur perilaku di Gampong Cadek, Kabupaten Aceh
Besar, merupakan upaya strategis untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan mendukung
tumbuh kembang anak secara optimal. Pendekatan arsitektur perilaku menitikberatkan pada pemahaman
pola aktivitas dan interaksi anak dengan ruang, sehingga desain ruang terbuka dapat mengakomodasi
kebutuhan fisik, psikologis, dan sosial anak secara menyeluruh. Konsep ini mengintegrasikan elemen
permainan yang aman, penggunaan material ramah anak, serta penataan ruang yang fleksibel dan menarik
secara visual. Selain aspek fisik, perancangan ini juga melibatkan partisipasi aktif masyarakat, khususnya
anak-anak dan orang tua, untuk memastikan ruang yang dirancang sesuai dengan kebutuhan dan budaya
lokal Gampong Cadek. Ruang terbuka yang dihasilkan tidak hanya berfungsi sebagai tempat bermain, tetapi
juga sebagai ruang edukasi dan interaksi sosial yang mendukung perkembangan kreativitas dan karakter
anak. Integrasi elemen alam seperti taman hijau juga diterapkan untuk meningkatkan kesejahteraan
psikologis dan kesadaran lingkungan anak. Hasil perancangan ini diharapkan dapat menjadi model
pengembangan ruang terbuka ramah anak yang berkelanjutan dan inklusif di Kabupaten Aceh Besar.
Inisiatif ini sejalan dengan program pemerintah dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak serta
mendukung pembangunan lingkungan permukiman yang berkualitas dan berwawasan sosial. Dengan
demikian, ruang terbuka ramah anak berbasis arsitektur perilaku di Gampong Cadek memberikan kontribusi
nyata bagi peningkatan kualitas hidup anak dan komunitas secara keseluruhan.
Kata Kunci: Ruang Terbuka Ramah Anak, Arsitektur Perilaku.


Full Text:

PDF

References


Adelia Indah Oktaviani, Perencanaan

Dan Perancangan Ruang Publik Terpadu Ramah

Anak Di Palembang, Universitas Sriwijaya,

Lailia Zulva Salsabila, Rini Darmawati,

Kajian Ruang Publik Terbuka Ramah Anak Di

Taman Kerang Jepara (Ruang Bermain Anak

Yang Terpakai Orang Dewasa), Universitas

Islam Indonesia, 2022.

Carina Sarasat, Kajian Prinsip Psikologi

Arsitektur Pada Panduan Sekolah Ramah Anak,

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, 2024.

Nurul Fakriah, Pendekatan Arsitektur

Perilaku Dalam Pengembangan Konsep Model

Sekolah Ramah Anak,Vol 5 No 2, 2019.

Ahmad Budi Fahriansyah, Desain

Arsitektur Ramah Anak: Menciptakan

Lingkungan Bermain yang Aman dan Kreatif,

Universitas Medan Area, Vol 1 No 1, 2024.

Sri Riska Husain, TAMAN KOTA

RAMAH ANAK, Jurnal Arsitektur, Sains

Bangunan, Kota & Permukiman, Universitas

Ichsan Gorontalo,2023


Refbacks

  • There are currently no refbacks.