PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PENGGUNAAN TELKOMSEL

Ela Murdika

Abstract


ABSTRAK

 

Loyalitas pelanggan berperan penting bagi keuntungan perusahaan dalam jangka panjang. Memelihara pelanggan lama lebih menguntungkan dibandingkan terus menerus menarik dan menumbuhkan pelanggan baru, karena semakin mahalnya biaya perolehan pelanggan baru dalam berkompetisi. Telekomunikasi adalah salah satu industri terbesar di Indonesia saat   ini.   Produk-produk   dari   perusahaan   telekomunikasi   sangat   dibutuhkan   oleh masyarakat agar bisa melakukan komunikasi dengan orang lain dimana saja dan kapan saja.  Telkomsel  merupakan  perusahaan  seluler  yang  beroperasi  pada  tahun  1997. Telkomsel sudah melayani 27 provinsi di Indonesia dengan kartu prabayar pertama di Asia simPATI. Pada tahun 2000 Telkomsel sudah dapat melayani mobile bankin   yang juga menjadi perusahaan seluler pertama. Persaingan yang semakin ketat di industri seluler ini membuat perusahaan membutuhkan loyalitas pelanggan yang kuat untuk tetap bertahan apalagi saat ini banyak pelanggan yang hanya loyal terhadap harga. Untuk mengetahui secara empiris apakah terdapat hubungan antara pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas penggunaan telkomsel pada mahasiswa Universitas U’budiyah Indonesia. Penelitian bersifat deskriptif kuantitatif yang dilakukan di Universitas Ubudiyah Indonesia pada bulan Mei-Juli 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengguna Operator Telkomsel pada Mahasiswa Universitas U’budiyah Indonesia. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling terdapat 112 mahasiswa  Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner. selanjutnya dilakukan dengan uji regresi linier berganda. Dari hasil penelitian terdapat  dari hasil uji linear dengan nilai t hitung sebesar 3,566 > 1,982 atau nilai sig. lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05), dan  hasil uji F terdapat  nilai F tabel diperoleh sebesar 12,713 > F tabel sebesar 3,09 dengan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05. Ada hubungan kepuasan pelangan tehadap loyalitas pelanggan konsumen penggunaan Telkomsel. Diharapkan dapat mengembangkan penelitian dalam bidang Manajemen, dan dapat memberikan informasi mengenai kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.

 

 

 

 

Kata Kunci     : Kepuasan Pelanggan, loyalitas pelanggan

Full Text:

PDF

References


Alma Buchari. 2000. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Faisal Sanapiah. 2001. format – format penelitian sosial. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada

Griffin Jill. 2007. Customer Loyalty, Edisi Revisi dan Terbaru. Erlangga: Jakarta Sanusi Anwar. 2011. Metode Penelitian Bisnis, Selemba Empat: Jakarta

Hasan Ali. 2008. Marketing.

Media Utama : Yogyakarta

Iskandar. Andreas dan Innocentius Bernarto 2008 “Pengaruh Kualitas Pelayanan Restoran Platinum Lippo Karawaci Terhadap Loyalitas Pelanggan : Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Manajemen. Vol:2 No:2. Hal(144-163)

Kotler Keller. 2012. Marketing Management 14Edition. Pearson Education : Kotler

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran edisi ketiga belas jilid 1 dan, Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by: