FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUASAN PASIEN PADA INSTALASI RAWAT JALAN DI RSUD MUNYANG KUTE REDELONG BENER MERIAH TAHUN 2019
Abstract
Abstrak
Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat, maka kesehatan adalah hak bagi setiap warga masyarakat yang dilindungi oleh UndangUndang Dasar. Setiap negara mengakui bahwa kesehatan menjadi modal terbesar untuk mencapai kesejahteraan. Oleh karena itu, perbaikan pelayanan kesehatan pada dasarnya merupakan suatu investasi sumber daya manusia untuk mencapai masyarakat yang sejahtera (welfare society) dimana pemerintah mempunyai peran yang sangat besar. Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang efektif, dan efisien untuk memberikan informasi kesehatan yang tepat dalam pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang memengaruhi kepuasan pasien pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Munyang Kute Redelong Tahun 2019.
Jenis penelitian menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional, Waktu penelitian ini akan dilakukan pada bulan juli sampai dengan agustus 2019, populasi adalah seluruh pasien rawat jalan, dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling yaitu sebanyak 96 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh jenis kelamin dengan nilai p value 0,025, ada pengaruh umur dengan nilai pvalue 0,020, tidak ada pengaruh pendidikan dengan nilai pvalue 0,399, tidak ada pengaruh dengan nilai pvalue 0,700, tidak ada pengaruh status kepesertaan nilai pvalue 0,275, ada pengaruh pelayanan perawat nilai pvalue 0,005, ada pengaruh pelayanan obat nilai pvalue 0,025, ada pengaruh pelayanan dokter nilai pvalue 0,005,ada pengaruh pelayanan administrasi nilai pvalue 0,005, ada pengaruh fasilitas nilai pvalue 0,016 terhadap kepuasan pasien pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Munyang Kute Redelong Tahun 2019.
Saran peneliti kepada Rumah Sakit Munyang Kute Redelong agar lebih meningkatkan dan membenahi fasilitas yang ada di Instalasi Rawat RS Munyang Kute Redelong serta meningkatkan pealatihan untuk meningkatkan standar pelayanan minimal rumah sakit.
Kata Kunci               : Kepuasan, Pasien, Rumah Sakit
Â
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v6i2.1150
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License