TINGKAT KEPUASAAN IBU HAMIL TERHADAP KONSELING DALAM PELAYANAN ANTENATAL CARE (ANC) DIPUSKESMAS INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

Roza Aryani, Siti Hajar

Abstract


Kepuasan klien terhadap pelayanan kesehatan merupakan indikator pertama dari standar suatu Puskesmas dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan, kepuasan klien yang rendah akan berdampak terhadap jumlah kunjungan yang akan mempengaruhi provitabilitas Puskesmas. Metode penelitian ini bersifat analitik dengan menggunakan pendekatan Croos sectional, tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accindel Sampling berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 responden terdapat 25 responden yang kualitas pelayanan baik dengan kepuasaan klien pada kategori puas sebanyak 23 responden (92,0%), 26 responden yang sarana prasarana sesuai dengan kepuasaan klien pada kategori puas sebanyak 23 responden (88,5%), 25 responden ketanggapan yang tanggap dengan kepuasaan klien pada kategori puas sebanyak 22 responden (88,0%).

 

Kata Kunci : Kepuasaan, Kualitas Pelayanan, Sarana Prasarana, Ketanggapan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v7i1.1495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License