ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK GIGI DAN MULUT RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TK II MEDAN TAHUN 2021

Cut Corry Aquino, Masdalina Pane, Ester Harianja, Donal Nababan, Dewi Bancin

Abstract


Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan sangat berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien dalam menentukan keberhasilan suatu Rumah Sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien di Poliklinik Gigi dan Mulut Rumah Sakit Bhayangkara TK II Medan tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian observational dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung ke Poliklinik gigi dan mulut Rumah Sakit Bhayangkara TK II Medan dari Januari sampai Juli 2021. Teknik pengambilan sampel secara total sampling yaitu sebanyak 53 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehandalan (p = 0,0000, r = 0,635), jaminan (p = 0,0100, r = 0,335), bukti langsung (p = 0,0000, r = 0,562), empati (p = 0,0000, r

= 0,648), daya tanggap (p = 0,0010, r = 0,448) memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien. Analisa multivariat didapatkan empati merupakan variabel yang paling dominan terhadap tingkat kepuasan pasien dengan model Z= 0,946 + 0,597 Empati. Diharapkan kepada pihak Rumah Sakit untuk membuat kotak saran pelayanan kesehatan dan Komite Medik untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan kompetensi dan profesionalisme kerja serta mengadakan pelatihan soft skills caring kepada petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan

 

Kata Kunci : Kepuasan, Kualitas Pelayanan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v7i2.1637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License