Implementasi Pusat Informasi Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M) Sebagai Wadah Pendidikan Kesehatan Reproduksi (Kespro) Pada Remaja di Wilayah Kerja Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Meuraxa Kota Banda Aceh

Safrizan Safrizan, Rafni Fajriati

Abstract


Program Penyiapan Keluarga Berencana bagi Remaja (PKBR) dibentuk sejak tahun 2006, kemuadian berganti nama menjadi Program Generasi Berencana (KRR) di tahun 2015. Salah satu tujuan  KRR sebagai upaya preventif dalam mengatasi permasalahan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) dengan wadah Pusat Informasi Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M). dalam implementasinya terdapat banyak PIK R/M di Kota Banda Aceh yang pasif. Metode Penelitian : penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus melalui wawancara mendalam terhadap informan dengan tujuan melakukan Evaluasi implementasi Program Resehatan Reproduksi Remaja (KRR) sebagai upaya preventif masalah kesehatan reproduksi remaja di Kota Banda Aceh menggunakan model CIPP (Context, Input, Process dan Product). Hasil : Analisis evaluasi, komponen contect menunjukan adanya hubungan kerja sama yang baik antara program KRR dengan instansi lain seperti Dinas Pendidikan, Kesehatan dan Kementrian agama. Pada komponen Imput program KRR telah menyiapkan tim penyuluh lapangan dan konselor sebaya dalam menjalankan wadah PIK R/M. pada komponen Process program KRR telah melakukan pelatihan setiap tahun guna meningkatkan kualitas SDM dalam implementasi program KRR. Pada komponen Product telah terbentuknya BKR dan PIK R/M di Seluruh SMA di wilayah Meuraxa Kota banda Aceh.

Kata Kunci   : KRR, BKR, Kesehatan Reproduksi, remaja

The Family Planning Preparation Program for Adolescents (PKBR) was formed in 2006, then changed its name to the Generation Planning Program (KRR) in 2015. One of KRR's goals is as a preventive measure in overcoming Adolescent Reproductive Health (KRR) problems with the Adolescent Counseling Information Center as a forum /Student (PIK R/M). in its implementation there are many PIK R/M in Banda Aceh City who are passive. Research Method: qualitative research using a case study approach through in-depth interviews with informants with the aim of evaluating the implementation of the Adolescent Reproductive Health Program (KRR) as a preventive measure for adolescent reproductive health problems in Banda Aceh City using the CIPP model (Context, Input, Process and Product). Results: Evaluation analysis, the context component shows that there is a good cooperative relationship between the KRR program and other agencies such as the Office of Education, Health and the Ministry of Religion. In the IMPUT component, the KRR program has prepared a team of field extension workers and peer counselors to run the R/M PIK platform. in the Process component the KRR program has conducted training every year to improve the quality of human resources in implementing the KRR program. In the Product component, BKR and PIK R/M have been formed in all high schools in the Meuraxa area, Banda Aceh City.

Keywords: KRR, BKR, health Reproduction, youth

Full Text:

PDF

References


Ardina, M. (2017). Akses Informasi Kesehatan Reproduksi. Komunikator.

Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah.

BKKBN. (2015). Strategic Plan of National Population and Family Planning Board 2015-2019. Bkkbn. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

BKKBN. (2018). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019. In Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

BNN. (2017). Survei Nasional Penyalahgunaan Narkoba di 34 Provinsi Tahun 2017. In Jurnal Data Puslitdatin 2017. Retrieved from http://www.rumahcemara.or.id/rumahcemara.or.id/2017 Survei Nasional BNN.pdf

BPS-Aceh. (2019). Kota Banda Aceh Dalam Angka 2019. aceh.

BPS. (2019). statistik Indonesia 2019. In badan pusat statistik. jakarta.

Bruno, L. (2019). Pedoman Pengelolaan Program Pusat Informasi Konseling Kesehatan Remaja/Mahasiswa (PIK R). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Bruno, L. (2019). pernikahan dini. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Creswell, J. W. (2007). Understanding mixed methods research. In Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches.

Kemenkes. (2017). Pedoman Dan Standar Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Darojat, W. M. (2015). Model Evaluasi Program Pendidikan. Islamidina.

Daud, M. K., & Dasmidar, D. (2017). Program Generasi Berencana BKKBN Provinsi Aceh dan korelasinya dengan Adat Beguru dalam Masyarakat (Studi Kasus di Kecamatan Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues). SAMARAH: Jurnal Hukum Keluarga Dan Hukum Islam. https://doi.org/10.22373/sjhk.v1i1.1574

Desintia, E. (2017). Peran Pusat Informasi Dan Konseling Remaja Palapa Dalam Melaksanakan Program Generasi Berencana Di Kelurahan Dadi Mulya Samarinda. EJournal Administrasi Negara.

dhany, grace sicilia. (2018). Evaluasi kualitatif program penyakit tidak menular berbasis Posbindu di wilayah kerja Puskesmas Muara Bungo I. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI. https://doi.org/10.22146/JKKI.36117

Divayana, D. G. H., Adiarta, A., & Abadi, I. B. G. S. (2018). Initial draft of CSE-UCLA evaluation model based on weighted product in order to optimize digital library services in computer college in Bali. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. https://doi.org/10.1088/1757-899X/296/1/012003

Ellysa. (2017). Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja.

Fadlyana, E., & Larasaty, S. (2016). Pernikahan Usia Dini dan Permasalahannya. Sari Pediatri. https://doi.org/10.14238/sp11.2.2009.136-41

Fallis, A. . (2013). Evaluasi Program Pelatihan. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Frey, B. B. (2018). CIPP Evaluation Model. In The SAGE Encyclopedia of Educational Research, Measurement, and Evaluation. https://doi.org/10.4135/9781506326139.n110

Hidayangsih, P. S. (2014). Perilaku Berisiko Dan Permasalahan Kesehatan Reproduksi Pada Remaja. Pusat Teknologi Intervensi Kesehatan Masyarakat Badan LitBangKes, Kementrian Kesehatan. https://doi.org/10.22435/KESPRO.V5I2.3886.89-101

Horkoff, J., & Yu, E. (2013). Comparison and evaluation of goal-oriented satisfaction analysis techniques. Requirements Engineering. https://doi.org/10.1007/s00766-011-0143-y

Arimurti, I. N. (2017). Analisis Perkawinan Dini. ©2017 FKM_UNAIR All Right Reserved. License Doi: 10.20473/Ijph.V12i1.2017.249-262 Received 3 August 2017, Received in Revised Form 1 September 2017, Accepted 4 September 2017, Published Online: 31 December 201. https://doi.org/10.20473/ijph.v12i1.2017.249-262

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Infodatin Reproduksi Remaja-Ed.Pdf. Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja.

Man, P. D. I., Kabupaten, M., & Barat, A. (2017). Pusat Informasi Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja. Kesehatan Almuslim.

Khalid. (2012). Exploring the link between Kirkpatrick (KP) and context, input, process and product (CIPP) training evaluation models, and its effect on training evaluation in public organizations of Pakistan. African Journal Of Business Management. https://doi.org/10.5897/ajbm11.2087

Nugraheni, W. P., & Hartono, R. K. (2018). Strategi Penguatan Program Posbindu Penyakit Tidak Menular Di Kota Bogor. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. https://doi.org/10.26553/jikm.v9i3.312

Patil, Y., & Kalekar, S. (2015). CIPP Model For School Evaluation. June-July.

Pielke, R. A. (2013). Model evaluation. In International Geophysics. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-385237-3.00011-6

Putri, R. S. D., & Larasati, M. (2014). Kampanye Program Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) (Survey Deskriptif: Rendahnya Partisipasi Kampanye Program Generasi Berencana (PIK R/M) Terkait Pendewasaan Usia Perkawinan Pada Pendekatan Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja SM. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.21009/communicology.021.04

Pyas, D. W. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Program Generasi Berencana di kota Yogyakarta. Kesehatan, (5), 184–195.

Rini, I. M., & Tjadikijanto, Y. D. (2019). Gambaran Program Generasi Berencana (PIK R/M) di Indonesia dan di Provinsi Jawa Timur Tahun 2017. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan. https://doi.org/10.20473/jbk.v7i2.2018.168-177

Sari, V. I., & Indrawadi, J. (2019). Pembentukan Karakter Remaja Kota Padang Melalui Program Generasi Berencana untuk Menghadapi Bonus Demografi 2030. Journal of Civic Education. https://doi.org/10.24036/JCE.V2I4.254

Sholihah, Q. (2015). Efektivitas Program P4gn Terhadap Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA. Jurnal Kesehatan Masyarakat. https://doi.org/10.15294/kemas.v10i2.3376

Sirait, B. J., & Azwa, R. (2018). Difusi Inovasi Program Generasi Berencana (PIK R/M) Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (Bkkbn) Pada Kehidupan Berkeluarga Berencana Melalui Pik M Sehati Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

Stufflebeam, D. (2001). Evaluation models. New Directions for Evaluation. https://doi.org/10.1002/ev.3

Stufflebeam, D. L. (2005). The CIPP Model for Evaluation. In Evaluation Models. https://doi.org/10.1007/0-306-47559-6_16

Suprianto, A., & Mutiarin, D. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Journal of Governance and Public Policy. https://doi.org/10.18196/jgpp.4172

Tokmak, H. S., Baturay, H. M., & Fadde, P. (2013). Applying the context, input, process, product evaluation model for evaluation, research, and redesign of an online master’s program. International Review of Research in Open and Distance Learning. https://doi.org/10.19173/irrodl.v14i3.1485

Triana, D. D. (2016). Strategi Evaluasi Formatif sebagai Peningkatan Keterampilan Menari. Panggung. https://doi.org/10.26742/panggung.v26i1.157

Utara, U. S. (2016). Implementasi Program Generasi Berencana ( PIK R/M ) Pada Remaja Sekolah Di Kota Medan Tesis Oleh Lucie Deviredtravia Batubara Program Studi Magister Studi Pembangunan.

Vanitha, T., Siraj, S., & Alias, N. (2015). Evaluation of a digital story pedagogical module for the indigenous learners using the stake countenance model. Turkish Online Journal of Educational Technology. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.557

Warju, W. (2016). Educational Program Evaluation using CIPP Model. Innovation of Vocational Technology Education. https://doi.org/10.17509/invotec.v12i1.4502

Youker, B. W. (2011). An analog experiment comparing goal-free evaluation and goal achievement evaluation utility.

Batubara, L. D. (2016). Implementasi Program PIK R/M Pada Remaja Sekolah Di Kota Medan. USU, http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/68357/Cover.pdf?sequence=7&isAllowed=y.

Marty Mawarpurry, K. S. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Banda Aceh: CBK publishing.

Mursit, H. (2018). Hubungan Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Dengan Sikap Pencegahan Terhadap Kehamilan Remaja di SMK N 1 Saptosari, Gundul Kidul Tahun 2018. Yogyakarta: poltekes kemenkes Jogjakarta.




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v9i1.2786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License