Keefektifitasan Aromaterapi Lavender dalam Menurunkan Stres pada Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir
Abstract
Pendahuluan Stres akademik merupakan suatu respons tubuh terhadap tuntutan terkait akademik yang melebihi kemampuan yang dimiliki mahasiswa. Salah satu tindakan penanganan stres akademik dengan penerapan aromaterapi lavender yang merupakan terapi alternatif dengan menggunakan tumbuh - tumbuhan aromatik. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan aromaterapi lavender dalam menurunkan stres pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan pendekatan pretest dan postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir dengan jumlah sampel 39 orang. Penelitian ini telah dilakukan pada tahun ajaran 2021/2022. Hasil: penelitian didapatkan bahwa aromaterapi lavender efektif dalam menurunkan tingkat stres mahasiswa tingkat akhir yaitu pada saat pengukuran pre test nilai rata-rata (mean) adalah 25,53, sedangkan hasil pengukuran saat post test didapatkan nilai rata-rata (mean) 22,23 dengan p-value= 0.000. Kesimpulan: bahwa ada perbedaan tingkat stres mahasiswa tingkat akhir sebelum dan sesudah diberikan aromaterapi lavender dengan nilai p-value= 0.000. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan desain Quasi experiment, yaitu dengan memberikan 2 intervensi yang berbeda kepada mahasiswa untuk mengurangi tingkat stres mahasiswa.
Kata kunci:Â Aromaterapi lavender, Mahasiswa akhir, Stress
Introduction Academic stress is a body's response to academic-related demands that exceed the capabilities of students. One of the measures to deal with academic stress is applying lavender aromatherapy, an alternative therapy using aromatic plants. This study aimed to determine the effectiveness of the application of lavender aromatherapy in reducing stress in final-year nursing students. Method: This research is Quasi Experiment research with a pre-test and post-test design approach. The population in this study was final-year students with a total sample of 39 people. This research was conducted in the second semester of the academic year 2021/2022. Result: The results showed that lavender aromatherapy was effective in reducing the stress level of final-year students, during the pre-test measurement the average value (mean) was 25.53. While the post-test measurement results obtained an average value (mean) of 22.23 with a p-value= 0.000. Conclusion: The results of the study can be concluded that there is a difference in the stress level of final-year students before and after being given lavender aromatherapy with a p-value = 0.000. Therefore, lavender aromatherapy can be used as an alternative to reducing student stress levels against academic demands.
Keywords: Â Lavender aromatherapy, the final level, stress
Full Text:
PDFReferences
Alsulami, S., Al Omar, Z., Binnwejim, M. S., Alhamdan, F., Aldrees, A., Al-Bawardi, A., Alsohim, M., & Alhabeeb, M. (2018). Perception of academic stress among health science preparatory program students in two saudi universities. Advances in Medical Education and Practice, 9, 159–164. https://doi.org/10.2147/AMEP.S143151
American College Health Association. (2018). American College Health Association-National College Health Assessment II: Reference Group Executive Summary Fall 2010. Journal of Chemical Information and Modeling, 1–19.
Anggraini, Y. D. S. (2005). No Title. In Pengaruh Aromaterapi Lavender Terhadap Stres Mahasiswa Tingkat Akhir S1 Keperawatan Kelas B Program A. Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Muhammadiyah.
Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143. https://doi.org/10.29210/119800
Barseli, M., Ifdil, & Nikmarijal. (2017). Konsep Stres Akademik Konseling dan Pendidikan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148.
Damayanti, D. D., Putriana, D., Dewi, C. M., & Putri, A. S. (2021). Pemanfaatan Aromatherapy Sebagai Alternatif Untuk Menurunkan Tingkat Stress Menghadapi Ujian pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Altruis: Journal of Community Services, 2(3). https://doi.org/10.22219/altruis.v2i3.17872
Dewi, a. P. (2013). Aromaterapi Lavender Sebagai Media Relaksasi. E-Jurnal Medika Udayana, 2(1), 21–53.
Goff, A. M. (2011). Stressors, academic performance, and learned resourcefulness in baccalaureate nursing students. International Journal of Nursing Education Scholarship, 8(1). https://doi.org/10.2202/1548-923X.2114
Prima, I. G. A., & Ap, D. (2013). Lavender Aromateraphy As a Relaxant. E-Jurnal Medika Udayana, 2(1), 21–53.
Purwati, S. (2012). Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Reguler Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Ui, 5, 98.
Rofiah, R., & Syaifudin, A. (2014). Gambaran Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Mahasiswa Dalam Menghadapi Praktik Klinik Keperawatan Di Institusi Pendidikan Swasta Di Semarang. Jurnal Manajemen Keperawatan, 2(2), 69–75.
S. Gomathi, & Jasmindebora, S. (2017). Stress and Both Negative and Positive Events in Our Lives Such. 4(4).
Tricintia, Y., Ivana, T., & Agustina, D. . (2017). Pengaruh Pemberian Aromaterapi Lavender Terhadap Tingkat Stress Dalam Menjalani Osce Mahasiswa Semester VI Angkatan VIII Di Stikes Suaka Insan Banjarmasin. Neuropsychology, 3(8), 85–102.
DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v9i1.2808
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License