Survey Dampak Perilaku Bulying Terhadap Perkembangan Psikologi Sosial Anak di SMA Negeri 2 Kabupaten Bireuen
Abstract
Salah satu fenomena yang menjadi perhatian di dunia pendidikan sekarang ini adalah kasus kekerasan dan bullying di sekolah. Perilaku bullying mungkin terjadi pada setiap sekolah. Perilaku Bullying adalah sebuah harsat untuk menyakiti, hal ini diperlihatkan ke dalam aksi yang menyebabkan seseorang menderita aksi ini di lakukan secara langsung oleh seseorang atau kelompok yang lebih kuat,tidak bertanggung jawab, biasanya berulang dan di lakukan dengan perasaaan senang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Dampak perilaku bullying terhadap Psikologi Sosial pada siswa-siswi Kelas 3A SMA Negeri 2 Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif fenomenologis dengan mendapatkan lima partisipan. populasi dari penelitian ini ialah siswa kelas 3A SMA Negeri 2 Kabupaten Bireuen yang pernah menjadi korban bullying disekolahnya. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mendapatkan tema yang dialami partisipan berdasarkan hasil wawancara yaitu Intimidasi, diskriminasi, sabar, marah, tidak percaya diri, menarik diri, harga diri rendah, merasa diasingkan dan menurut partisipan pelaku harus mengintrofeksi diri. Guru bimbingan konseling (BK), hendaknya memberikan pengawasan kepada para siswanya sehingga tidak terjadi tindakan bullying kepada anak didiknya. Diharapkan kepada orang tua agar lebih memperhatikan anak-anaknya, memantau apa saja kegiatan anaknya disekolah ataupun diluar rumah serta senantiasa mengontrol prilaku siswa dan selalu menanamkan kasih sayang dan rasa empati kepada anak-anaknya.
Kata Kunci : Bullying, Psikologi Sosial, Anak
One phenomenon that is of concern in the world of education today is cases of violence and bullying in schools. Bullying behavior may occur in every school. Bullying behavior is a desire to hurt, this is shown in actions that cause someone to suffer, this action is carried out directly by a person or group that is stronger, irresponsible, usually repeated and done with pleasure. The purpose of this study was to describe the impact of bullying behavior on social psychology in Class 3A students at SMA Negeri 2 Bireuen Regency. This study uses a type of phenomenological qualitative research by getting five participants. The population of this study were class 3A students of SMA Negeri 2 Bireuen Regency who had been victims of bullying at their school. Based on the results of the study, the researcher obtained the themes experienced by the participants based on the results of the interviews namely intimidation, discrimination, patience, anger, lack of confidence, withdrawal, low self-esteem, feeling alienated and according to the participants the perpetrators had to self-reflect. Counseling guidance (BK) teachers should provide supervision to their students so that bullying does not occur to their students. It is expected that parents will pay more attention to their children, monitor what their children's activities are at school or outside the home and always control student behavior and always instill love and empathy for their children.
Keywords: Bullying, Social Psychology, Children
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v9i2.3465
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License