Hubungan Pendidikan Kesehatan Melalui Media Flash card Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa/i Tentang Permasalahan Seksualitas di SMP Kecamatan Darussalam Banda Aceh
Abstract
Perilaku seksual merupakan bentuk perbuatan yang disebabkan oleh hasrat seksual. Pengetahuan remaja yang kurang memahami tentang perilaku seks pranikah sangat besar resikonya terhadap sikap yang akan dilakukan oleh remaja. salah satu media yang cocok pada anak remaja yaitu flash card, Penerapan media flash card dapat memberikan kemudahan dalam penerimaan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan siswi sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan melalui media Flash card terhadap pengetahuan dan sikap siswi tentang permasalahan seksualitas di SMP Kecamatan Darussalam Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment, pengumpulan data dilakukan pada tanggal 7 Maret s/d 6 April 2023. Sampel dalam penelitian ini siswa SMP yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data mengggunakan data primer, Analisis menggunakan wilcoxone test, teknik analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian diperoleh pengetahuan (p value 0,001) dan sikap (p value 0,001). kesimpulan terdapat hubungan flash card terhadap perubahan pengetahuan dan sikap.
Kata Kunci : Remaja, Flash Card, Pengetahuan, SikapÂ
Sexual behavior is an action caused by sexual desire. Teenager ignorance of premarital sex will have an impact on their attitude. One of the media that is suitable for teenagers is flashcards. The application of flash card media can make education more convenient. This study aimed to identify students' knowledge and attitude before and after providing health education about sexuality issues through flash card media at the State Junior High School Darussalam District Banda Aceh. This type of research was a quasi-experiment. Data collection was carried out from March 7 to April 6, 2023. consisting of 15 flashcard groups . Data collection used primary data. Analysis used the Wilcoxon, using univariate and bivariate analysis techniques. The results showed differences in knowledge (p-value 0.001) and attitudes (p-value 0.000) . The research concluded that flashcards significantly affect students' knowledge and attitudes.
Keywords : Teenager, flash card, knowledge, attitude
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v9i2.3492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License