HAMBATAN PSIKOLOGIS SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI 54 BANDA ACEH DALAM BELAJAR OLAHRAGA PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG
Abstract
Permasalahan penelitian adalah beberapa siswa kelas IV dan V SD Negeri 54 Kota Banda Aceh masih ada yang merasa takut, kurang percaya diri saat bermain egrang yang disebabkan karena ketinggian egrang dan kondisi fisik yang kurang baik. Tujuan penelitian adalah mengetahui besarnya hambatan psikologis siswa kelas IV dan V SD Negeri 54 Kota Banda Aceh dalam belajar olahraga permainan tradisional egrang.
Penelitian ini menggunakan metode survei dalam bentuk skor/ nilai. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas IV dan V SD Negeri 54 Kota Banda Aceh n sejumlah 40 siswa. Instrumen penelitian adalah angket model tertutup. Uji coba instrumen: keseluruhan 30 butir pernyataan valid (tidak ada yang gugur) dan pembuktian reliabilitas instrumen telah memenuhi syarat, karena hasil pengujian koefisien reliabilitas instrumen di atas koefisien reliabilitas minimal, yaitu: (0,69 > 0,6). Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat hambatan psikologis siswa kelas IV dan V SD Negeri 54 Kota Banda Aceh dalam belajar olahraga permainan tradisional egrang, untuk kategori sangat tinggi sebesar 0 %; tinggi 20 %; sedang 55%; rendah 20 %; dan sangat rendah 5 %.
Kata kunci : Hambatan, Psikologis, Siswa SD, Permainan Tradisional Egrang.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v8i2.3633
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License