Pengaruh Iklan Obat Flu di Televisi Terhadap Pemilihan Obat Secara Swamedikasi di Apotek Medical Farma Kecamatan Mesjid Raya

Marniati Marniati, Rahmawati Rahmawati, Periskila Dina Kali Kulla

Abstract


Latar Belakang: Televisi adalah salah satu media yang digunakan sebagai alat komunikasi. Iklan dapat mempengaruhi pola pilihan kebutuhan masyarakat dan pilihan obat yang digunakan untuk meningkatkan, merawat atau menjaga kesehatan. Menurut hasil penelitian Untari dkk (2023) tentang paparan media informasi dengan perilaku swamedikasi pada masyarakat di kota Yogyakarta menyatakan bahwa terdapat hubungan antara paparan media informasi dengan perilaku swamedikasi di masyarakat. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh iklan obat flu di televisi terhadap pemilihan obat secara swamedikasi di apotek Medical Farma Kecamatan Mesjid Raya. Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat deskriptif analitik, total sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 responden. Tehnik pengambilan sampel adalah purposive Sampling. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2023. Cara pengumpulan data dengan cara membagikan kuisioner. Analisis data menggunakan korelasi, regresi sederhana dan uji T (parsial). Hasil Penelitian: Analisis regresi sederhana nilai Sig. 0,001< 0,05 yang artinya terdapat pengaruh iklan obat flu di televisi terhadap pemilihan obat secara swamedikasi. Hasil uji korelasi nilai signifikansi 0,001< 0,05 artinya bahwa ada hubungan yang signifikan (berarti) antara variabel iklan obat flu di televisi dengan tindakan swamedikasi masyarakat. Hasil uji T (parsial) Sig. 0,001 < 0,05 pada kategori “tidak menyesatkan†berpengaruh terhadap pengetahuan masyarakat dalam melakukan tindakan swamedikasi. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh iklan obat flu di televisi terhadap pemilihan obat secara swamedikasi di apotek Medical Farma Kecamatan Mesjid Raya secara signifikan.

Kata kunci: Iklan obat flu, swamedikasi, televisi

Background: Television is one of the media used as a means of communication. Advertising can influence the pattern of people's needs and the choice of drugs used to improve, treat, or maintain health. According to the results of research by Untari et al. (2023) concerning exposure to information media and self-medication behavior in the community in the city of Yogyakarta, there is a relationship between exposure to information media and self-medication behavior in society. Research Objectives: To determine the effect of cold medicine advertisements on television on self-medication drug selection at the Medical Farma pharmacy, Mesjid Raya District. Research Methods: This research is descriptive and analytical in nature; the total sample in this study amounted to 86 respondents. The sampling technique is purposive sampling. The research was conducted in July 2023. The data collection method was by distributing questionnaires. Data analysis using correlation, simple regression, and the partial T test. Research Results: A Simple regression analysis of Sig. 0.001 < 0.05 indicates that there is an influence of cold medicine advertisements on television on self-medication drug selection. The results of the correlation test with a significance value of 0.001 < 0.05 mean that there is a significant relationship between the variables of cold medicine advertisements on television and community self-medication. T test results (partial) Sig. 0.001 < 0.05 in the "not misleading" category have an effect on people's knowledge of self-medication. Conclusions: It can be concluded that there is a significant influence of cold medicine advertisements on television on self-medication drug selection at the Medical Farma pharmacy, Mesjid Raya District.

Keywords : Cold medicine advertisement, self-medication, television


Full Text:

PDF

References


Agromedia. 2004. 273 Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Aneka Penyakit. Jakarta : P.T. Agromedia Pustaka

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Candradewi., Fitria, S., dan Hidayati, A. 2022. Pengaruh Iklan Obat Diare di Televisi Terhadap Keputusan dan Ketepatan Swamedikasi. Jurnal Syifa Sciences And Clinical Research (JSSCR), 4(1),128-140.

Dianawati, O., Fasich, Athijah, U. 2018. Hubungan Persepsi Terhadap Iklan di. Televisi Dengan Prilaku Swamedikasi Pelajar SMU Negeri di Surabaya, Majalah Farmasi Airlangga, Vol, 6, No. 1.

Djunarko, I. dan Hendrawati. 2018. Swamedikasi yang Baik dan Benar, Yogyakarta: Citra Aji Parama.

Fertman, C. I., & Allensworth, D. D. (2010). Health promotion programs: From theory to practice (1st ed.). San Francisco: Jossey Bass. https://doi.org/10.1093/heapro/dar055.

Hartati, I. dan Utari, F. 2022. Pengaruh Iklan Obat Batuk di Televisi Terhadap Perilaku Swamedikasi Pada Ibu Yang Mempunyai Balita, Jurnal Maternitas Kebidanan, Vol 7, No. 1.

Kasibu, 2017. Hubungan Tingkat Pengetahuan Masyarakat dengan Tindakan Pemakaian Obat Resep dn Tanpa Resep Dokter di Kelurahan Kota Maksum II Kecamatan Medan Area. Fakultas Kedokteran Univrsitas Sumatra Utara.

Kotler dan Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Manan, El. 2014. Buku Pintar Swamedikasi (Tips Mengatasi Dini Masalah-Masalah Kesehatan), Jogjakarta: Saufa.

Mardiati, N., Islamiah, R., Fitriah, R., 2021. Pengaruh Iklan Obat Flu Di Televisi Terhadap Swamedikasi. Jurnal Riset Kefarmasian Indonesia, Vol 3, No 1.

Murwati,. Suroso., dan Atikah, N. 2022. Determinant Factors Affecting Self-Medication Behavior In Breastfeeding Mothers, INTEREST: Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 11, No. 2.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 2 Tahun 2023 Tentang Pedoman Pengkajian Keamanan Dan/Atau Mutu Obat Dan Bahan Obat Terhadap Cemaran Nitrosamin.

Pratiwi, Y., Rahmawaty, A., dan Islamiyati, R. 2020. Peranan Apoteker Dalam Pemberian Swamedikasi Pada Pasien BPJS, Jurnal Pengabdian Kesehatan STIKES Cendekia Utama Kudus, Vol. 3, No. 1, 65-72.

Riduwan, A. 2015. Rumus dan Data dalam Analisis Statistik untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Ribek, P.K., Anggraini, N.P.N., Kumalasari, N.K.R. 2023.Pengaruh Iklan Televisi dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee di Bali, Jurnal Satyagraha, Vol.05, No.02, 130-137.

Robiyanto., Monika Rosmimi., & Eka Kartika. 2018. Analisa Pengaruh Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Tindakan Swamedikasi Diare Akut Di Kecamatan Pontianak Timur. Jurnal Pendidikan, Vol. 16, No. 1, Juni 2018.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Sujarweni, V.W. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah. Dipahami, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tan, T., dan Rahardja, K. 2015. Swamedikasi: cara-cara mengobati gangguan sehari-hari dengan obat-obat bebas sederhana, Yogyakarta: Departemen Kesehatan RI.

Uhargusta, D., dan Mukti, L.S. 2022. Pengaruh Iklan TV Terhadap Perilaku Konsumsi Obat Bebas Dan Terbatas Pada Masyarakat Desa Banyuajuh, Indonesian Journal Pharmaceutical and Herbal Medicine (IJPHM), Akademi Farmasi Yannas Husada Bangkalan Volume 1, No 2, 76-81.

Widyaningrum, E.A., Fadrian, M.F., dan Admaja, W. 2023. Pengaruh Pelayanan Informasi Swamedikasi Online Berbasis Whatsapp Bot terhadap Pengetahuan Masyarakat, Majalah Farmasetika, 8 (3), 235-249.

Widjaja, Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v9i2.3667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License