PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN BENDA DALAM BAHASA JEPANG (STUDI KASUS NEXTSPACE)
Abstract
Pembelajaran interaktif pengenalan kata benda dalam bahasa Jepang adalah suatu bentuk media
pembelajaran interaktif yang mewujudkan sistem pembelajaran menggunakan teknologi komputer. Media
pembelajaran ini dapat membantu tenaga pengajar dan siswa dalam melakukan metode pembelajaran online/jarak
jauh. Media pembelajaran ini dibuat semenarik mungkin untuk dapat membantu daya ingat siswa dengan
menggunakan audio dan video yang menarik. Untuk menghindari metode belajar yang kurang menarik, media
pembelajaran interaktif ini menyediakan game(video bermain) dengan tetap pada konteks awal yaitu mengenal kata
benda dalam bahasa Jepang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu dengan melakukan observasi
langsung ke tempat penelitian yaitu private class bahasa Jepang Nextspace. Studi literatur diambil dari beberapa situs
internet, paper, artikel, makalah, dan mengunjungi langsung pemateri bahasa Jepang di Nextspace. Hasil yang dicapai
dalam penelitian ini setelah adanya media pembelajaran interaktif ini adalah kendala yang dimiliki siswa berada
angka 9,1% dari sebelumnya yaitu 54,5%. Minat siswa dalam belajar berada di angka 90,9% dari sebelumnya 50%.
Tingkat pemahaman siswa meningkat di angka 90,9% dari sebelumnya 40,9%, dan kualitas hasil belajar siswa
meningkat di angka 90,9% dari sebelumnya 40,9%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Qohar, Assadullah. 2018. Perancangan Media
Edukasi Interaktif Ensiklopedia Astronomi
untuk Anak-anak. Jurnal Program Studi Desain
Komunikasi Visual Jurusan Seni Rupa Fakultas
Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Padang. 1-
Blog, Bless Techno. 2018. Belajar Membuat Game
dengan Construct 2. Available online at
https://blesstechno.blogspot.com/2018/11/bela
jar-membuat-game-dengan-construct-2.html.
(diakses 06 April 2021).
Center, Aichi Training. 2018. Sekilas Tentang Aichi
Training Center. Available online at
http://aichitrainingcenter.com/. (diakses 03
Februari 2021).
Craftpix.net. 2020. Free 2D Game Assets. Available
online at https://craftpix.net/freebies . (diakses
April 2021).
Dgraal. 2020. How to Add Different Background
Music for Each Level Construct 2 Tutorial.
Available online at https://game-
developers.org/how-to-adddifferentbackground-music-for-each-levelconstruct-2tutorial/.
(diakses
April
.
GameArt2D.com. 2021. Free Assets for Everyon.
Available online at
https://www.gameart2d.com/freebies.html.
(diakses 04 April 2021).
Hidayat, Ariska. 2017. Membuat Game Wearable
Sederhana dengan Construct 2. Available
online at
https://www.dicoding.com/blog/membangunga
me-wearable-sederhana-di-samsung-gears2/.
(diakses 06 April 2021).
Indonesia, Miracle Academy. 2019. Sejarah dan
Kelebihan Construct. Available online at
https://academy.miraclegates.com/courses/con
struct-3-untuk-pemula/. (diakses 03 Februari
.
Indonesia, Stimik Stikom. Modul Praktikum Game
Development. Sekolah Tinggi Manajemen
Informatika & Komunikasi Indonesia.
Lab ICT. Admin. 2019. Tutorial Membuat Game
Sederhana di Construct 2. Available online at
https://labict.budiluhur.ac.id/tutorialmembuatgame-sederhana-tanpa-coding-diconstruct-2/
(diakses
April
Maharani. Putri. 2018. Pengembangan Multimedia
Pembelajaran Interaktif Menggunakan
Construct 2 Tentang Suhu Dan Kalor Untuk
Siswa Kelas X SMA. Skripsi Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden
Intan Lampung, Lampung.
Mahesa, Malvin. 2014. Memasukkan Suara dalam
Construct 2. Available online at
https://mahesadeveloper.wordpress.com/2014/
/30/memasukkan-suara-dalam-construct-2.
(diakses 25 April 2021.
Pambudi. Wahyu Arya. 2020. Menyimpan Data ke
Google Spreadsheet Kodular. Available online
at
https://kubahas.com/2020/06/08/menyimpanda
ta-ke-google-spreadsheet-kodular/. (diakses 05
Mei 2021)
Perdana, Arkan. 2020. Berkenalan dengan Google
Sheet, Aplikasi Spreadsheet yang Gratis dan
Komplit. Available online at
https://glints.com/id/lowongan/google-
sheetadalah/#.YD5Pcej7TIU. (diakses 05 Mei
Rahmalia, Nadiyah. 2020. Balsamiq, Tool Merancang
Wireframe yang Ramah bagi Designer Pemula.
Available online at
https://glints.com/id/lowongan/balsamiqadalah/
#.YDVomuj7TIU. (diakses 03 Februari 2021)
Ramli, Muhammad. 2012. Media dan Teknologi
Pembelajaran. Antasari Press,. Banjarmasin.
Sahara, Elgarey. 2019. Membuat Karakter Berjalan di
Construct 2. Available online at
http://elgareysahara.blogspot.com/2019/04/me
mbuat-karakter-berjalan-di-construct-2.html .
(diakses 06 April 2021)
Scirra, Ltd. 2021. Kenney's Free Assets (30,000+
Assets). Available online at
https://www.construct.net/en/forum/gamedevel
opment/tools-and-resources-27/kenneysfreeassets-30000-70995
.
(diakses
April
Soleh, Rizki M; Nurajizah, S dan Muryani, S. 2019.
Perancangan Animasi Interaktif Prosedur
Merawat Peralatan Multimedia pada Jurusan
Multimedia SMK BPS&K II Bekasi. Jurnal
Teknologi dan Informasi (JATI). Vol. 1. No. 2.
-142.
Tiya, Rina Lestari; Eka Pramono,
Adi dan Soepriyanto. 2018. E-Book
Ineraktif. Jurnal JKTP. Vol.1 No.1.71-75.
Wicakyoman. 2018. Tutorial Construct 2 - How to
Make 2D Platformer Game ( Sound Effect ).
Available online at
https://wicakyoomand.blogspot.com/2017/10/t
utorial-construct-2-how-to-make-2d_72.html.
(diakses 25 April 2021)
DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol7.Iss1.2621
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal indexed by