EMERGENCY CALL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN RESPONS KEDARURATAN DI WILAYAH BANDA ACEH
Abstract
Abstak - Emergency Call adalah salah satu layanan pemanggilan yang sangat penting dalam keadaan darurat seperti pada saat terjadi tindak kriminalitas, kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, kebakaran dan bencana alam. Emergency call dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan permintaan bantuan secara cepat, tepat dan akurat. Kota Banda Aceh terletak di pusat Provinsi Aceh dengan penduduk sebanyak 254.904 jiwa pada wilayah seluas 61,36Km2 . Kendala yang dihadapi oleh masyarakat muncul ketika dalam situasi maupun keadaan darurat, masyarakat kurang paham terhadap mekanisme pelaporan kejadian. Selain itu tidak semua masyarakat megetahui nomor telepon untuk menghubungi pihak-pihak instansi darurat tersebut. Dengan demikian akan berdampak pada keterlambatan penanganan korban yang berujung pada keadaan yang lebih buruk hingga dapat menyebabkan kematian. Untuk membantu masyarakat Kota Banda Aceh dalam melakukan kegiatan pelaporan tanggap darurat dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat melaporakan kejadian darurat. Dengan semakin meratanya pengguna smartphone dan perkembangan teknologi aplikasi panggilan darurat yang diaplikasikan berbasis mobile dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat mengetahui informasi layanan darurat dan layanan terdekat di Kota Banda Aceh. Tujuan Penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi panggilan darurat berbasiskan mobile yang dinamakan dengan “Panic Button†guna meningkatkan efisiensi, kualitas, dan responsibilitas layanan penggilan darurat. Memudahkan menentukan layanan terdekat dengan bantuan API Google Maps berfungsi sebagai penunjuk lokasi seperti pemadam, kepolisian, rumah sakit. Luaran yang ditargetkan pada penelitian ini adalah Dokumentasi hasil uji coba produk dan Jurnal Nasional terakreditasi peringkat 5 yaitu Journal of Informatics and Computer Science. http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jics. Adapun tingkat kesiapan teknologi (TKT) penelitian ini masuk dalam kategori TKT 2 dengan target TKT 3.
Kata Kunci : Emergency Call, Google Maps, Aplikasi Android, Panic Button
Abstrack - Emergency Call is one of the crucial emergency services in situations such as criminal activities, traffic accidents, workplace accidents, fires, and natural disasters. Emergency calls can facilitate the public in quickly, accurately, and effectively requesting assistance. Banda Aceh is located at the center of Aceh Province with a population of 254,904 people within an area of 61.36 square kilometers. Challenges arise for the community when facing emergency situations as they may not fully understand the reporting mechanisms. Additionally, not all members of the public are aware of the phone numbers to contact emergency agencies. Consequently, this can lead to delayed responses and worsened conditions, potentially resulting in fatalities. To assist the Banda Aceh community in reporting emergency incidents, there is a need for an application that can report such incidents. With the increasing prevalence of smartphone users and advancements in technology, a mobile-based emergency call application can provide convenience for the public to access information on emergency services and the nearest services in Banda Aceh. The objective of this research is to develop a mobile-based emergency call application called 'Panic Button' to enhance the efficiency, quality, and responsiveness of emergency call services. It aims to facilitate the identification of the nearest services with the assistance of Google Maps API, which functions as a location indicator for services such as firefighters, police, and hospitals.The expected outcomes of this research include documentation of product testing results and publication in a nationally accredited journal, specifically the Journal of Informatics and Computer Science (http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jics). As for the level of technological readiness (TKT), this research falls under TKT 2 with the target of reaching TKT 3.
Keywords: Emergency Call, Google Maps, Android Application, Panic Button
Full Text:
PDFReferences
Aasinjery. 2020. “Pengantar Teknologi Sistem
Informasi - Google Books.†16 mei 2020: 1–27. Agus Suryana. 2019. UNIFIED MODELING LANGUAGE.
Andry Andaru. 2018. Fakultas Komputer Andry
Andaru Section Class Content PENGERTIAN DATABASE SECARA UMUM. “BERANDA
Dewi, Lily Puspa. 2018. Pemodelan proses
Bisnis menggunakan activity diagram uml dan bpmn (studi kasus frs online).
“Dinas Kesehatan Aceh | Hubungi 119 Dari Ponsel
Anda, Jika Alami Gawat Darurat Medis.â€
https://dinkes.acehprov.go.id/news/read/2016/
/25/104/hubungi-119-dari-ponsel-anda-jika-
alami-gawat-darurat-medis.html (September
, 2022).
Dumoharis Lumbanraja, Harmonvikler, Sekolah
Tinggi, Ilmu Ekonomi, and Surya Nusantara.
“PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK ONLINE MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING PADA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SURYA NUSANTARA.†TeIKa 8(2): 9–18. https://jurnal.unai.edu/index.php/teika/article/v iew/664 (July 25, 2022).
Hadi Hidayat Hammurabi. 2021. “Apa Itu REST
API? - DEV Community.†18 januari. https://dev.to/hadihammurabi/apa-itu-rest-api-
dj0 (July 15, 2022).
Main, Abdul. 2018. “Fenomenologi Sebagai Filsafat
Dan Metode Dalam Penelitian Sosiologi†eds. Muhammad Farid and Mohammad Adib. Fenomenologi dalam Penelitian Ilmu Sosial (August): 1–12.
Paramitha, Annisa, S Kom, and M Kom. 2020.
Materi-3 Diagram Use Case. https://www.uml-
diagrams.org/use-case-diagrams.html.
Putra. 2019. “PENGERTIAN ANDROID: Sejarah,
Kelebihan & Versi Sistem Operasi |
Salamadian.†Putra.
“RS Pertamedika Ummi Rosnati – We Care, We
Cure.†https://www.rspur.co.id/ (July 15,
.
“Struktur Polda, Polsek, Polrestabes / Polres Di
Kepolisian - Polisi Dot Com.†https://www.polisi.com/struktur-polda-polsek- polrestabes-polres-di-kepolisian (July 15,
.
Ulti Desi Arni. 2018. “Mengenal Apa Itu Visual Studio Dan Visual Studio Toolbox.†https://garudacyber.co.id/artikel/1180- mengenal-apa-itu-visual-studio-dan-visual- studio-toolbox (July 15, 2022).
DOI: https://doi.org/10.33143/jics.v9i2.3545
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal indexed by