Game Sejarah Presiden Republik Indonesia Berbasis Android dengan Menggunakan Teknik Steganography

Fathiah Fathiah, Ely Rahmi

Abstract


Abstrak- Permainan atau game merupakan salah satu perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat saat ini, game merupakan permainan yang dapat menghibur diwaktu luang dan sekaligus dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Game yang akan dibangun pada aplikasi android ini berhubungan dengan Sejarah Presiden Republik Indonesia menggunakan Steganography. Presiden adalah kepala negara, presiden dibantu oleh wakil presiden serta para mentri yang duduk dalam kabinet pemerintahan. Game Sejarah Presiden Republik Indonesia ini dirancang berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara mengenai sistem pembelajaran dan minimnya ilmu pengetahuan siswa tentang sejarah presiden republik indonesia, khususnya pelajaran sejarah pada SD Negeri Limpok Aceh Besar. Tujuan pembuatan game Sejarah Presiden Republik Indonesia berbasis android diharapkan dapat mempermudah guru dalam proses mengajar, sebelumnya proses pembelajaran sumber informasinya adalah guru dan bahan bacaan dan membangkitkan semangat belajar siswa tentang sejarah presiden republik indonesia. Pada aplikasi game yang dibangun menggunakan steganography, steganography adalah pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan, baik dalam bentuk gambar maupun dalam bentuk teks.

 

Kata Kunci : Game, Steganography, Presiden RI


Full Text:

PDF

References


Asimah Asizun, Namin. 2015. Ensiklopedia Kabinet Kerja UUD 1945. Jakarta: Kunci Aksara

Basyaib, Fachmi. 2015. Teori Pembuatan

Keputusan. Yogyakarta: Grasindo.

Hojanto, Ongky. 2013. Public Peaking Mastery. Jakarta: PT. Garamedia Pustaka Utama.

Meier, R. 2012. Professional Android Aplication Development. Wiley Publishing, Canada

Setiawan, Yohan Adi. 2017. Belajar Android Menyenangkan. Surabaya: CV. Cipta Media Edukasi.

Suito, Deny dan Muarif, Samsul. 2009. President Idol Pertarungan Sengit 10 Capres Menuju RI-I. Jakarta Selatan: Grafindo Khazana Ilmu.

Supardi, Yuniar. 2015. Belajar Coding Android Bagi Pemula. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Sudarwanto, Hendry. 2013. Sisi Lain Para Bapak Bangsa.Yogyakarta:Palapa. Utami, Ema. 2009. Pendekatan Metode Least Bit odification untuk Merancang Aplikasi Steganography pada File Audio Digital Tidak Terkompresi. Jurnal DASI 10.

Sulistyowati. 2015. Buku Cerdas UUD & Amanden Perubahannya. Yogyakarta.

Nelly. 2012. Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo Menggunakan Algoritma Best first Search. Bandung: FTIK UNIKOM.

www.seklogo.com, diakses pada tanggal 30 November 2017.

www.theinspirationroom.com, diakses pada tanggal 30 November 2017. www.technocollit.com , diakses pada tanggal 30 November 2017

www.referensi.data.kemdikbud.go.id, diakses 24 Januari 2018. www.wikiwand.com, diakses 20 Januari 2018.

www.beritauberita.com, diakses 20 Januari 2018.




DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol4.Iss2.536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda