PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN TOKOH PAHLAWAN ACEH BERBASIS ADOBE FLASH

Zuhri Zuhri, Sarini Vita Dewi

Abstract


ABSTRAK

Pemanfaatan teknologi secara otomatis memberi kemudahan dalam penyampaian sebuah informasi. Dalam penelitian ini pemanfaatan teknologi dapat dilakukan dengan menggunakan animasi untuk menyampaikan pengetahuan tentang sejarah pahlawan  Aceh  yang telah  berjasa dalam mempertahankan  daerah  tanah  lahirnya, dan  juga  mempunyai peran  penting

terhadap kemerdekaan negara Indonesia ini dalam mempertahankan wilayah ujung barat pulau sumatera dari penjajahan bangsa asing. Namun sayangnya pengetahuan terhadap sejarah perjuangan pahlawan Aceh pada generasi muda masih rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya minat generasi muda dan kurangnya kepedulian masyarakat dalam menerapkan ilmu pengetahuan sejarah kepada generasi muda. Dari permasalahan ini maka penulis melakukan penelitian tentang perancangan

animasi interaktif pengenalan tokoh pahlawan Aceh berbasis Adobe Flash. Software yang digunakan dalam penelitian ini adalah Adobe Flash Professional CS5, Adobe Photoshop, Format Factory, dan GoldWave sebagai software pendukung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang merupakan metode penelitian yang lebih difokuskan  dengan  situasi atau  fenomena-fenomena  yang diteliti. Adapun  juga tujuan  dari penelitian  ini adalah  untuk

memperkenalkan dan memberi ilmu pengetahuan sejarah pahlawan Aceh kepada setiap generasi muda dan untuk mengingatkan kembali atau mengenang akan jasa para pahlawan.

 

Kata Kunci : Pahlawan Aceh, Animasi Interaktif, Sejarah


Full Text:

PDF

References


Revolusi Indonesia Berbasis Multimedia (Studi Kasus di MI AL-GINA). Jurnal STMIK Bina Sarana Global

Dayat, Heri. 2011. Menjadi Master Photoshop Untuk Pemula dari

Nol Hingga Mahir. Penerbit Dunia Komputer

Haryadi, Edy. 2014. Hero(2): Malahayati, Laksamana Muslimah Penakluk Penjajah. http://m.dream.co.id/dinar/keumala- hayati-laksamana-muslimah-penakluk-penjajah--

w.html, Diakses pada tanggal 8 Desember 2015

MADCOMS. 2011. Kupas Tuntas Adobe Flash Professional CS5.

Yogyakarta : Penerbit Andi

Putra, Ilham Eka, S.kom., M.Hum. 2013. Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif. Jurnal STMIK Indonesia Pandang

Redaksi, 2012. Sejarah Panglima Polem. http://www.tendasejarah.com/2012/11, Diakses pada tanggal 9 Desember 2015

Rusdi, Zulkifli. 2013. Aplikasi Media Pembelajan Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia Menggunakan Metode Computer Assisted Instructions(CAI). Jurnal STMIK Budidarma Medan

Sugihartono, R.A., Basnender Herryprilosadoso, & Asmoro Nurhadi. 2010. Animasi Kartun Dari Analog Sampai Digital, Jakarta : Penerbit PT.Indeks

Thajeb, Dr. Sjarif, et al. 1987. Pocut Meurah Intan Srikandi Nasional Dari Tanah Rencong. Jakarta : Penerbit Yayasan TP Aceh

Wanti, Irini Dewi, et al. 1996. Enam Pahlawan Nasional Asal Aceh. Banda Aceh : Penerbit Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional




DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol5.Iss2.556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda